Thursday 31 December 2015

MENGAPA SUPERMAN YANG TIDAK DIKENALIN SEBAGAI CLARK KENT



Super hero yang menyembunyikan indentitasnya selalu beraksi dengan memakai topeng biar tidak dikenali oleh siapapun kalau bisa teman dekatnya sekalipun. Misalkan Batman di balik topengnya adalah Bruce Wayne seorang hartawan kaya raya. Adalagi seperti The Flash, Green Lantern bahkan seorang pemuda yang dikenal dulunya seorang playboy bisa menjadi seorang super hero dengan nama Green Arrow. Spiderman seorang remaja photo grafer. Tapi tidak dengan Superman, dia tidak mengenakan topeng saat menjadi tokoh super hero dan anehnya saat tidak menjadi super hero tidak ada yang mengenal kalau Clark Kent itu adalah Superman padahal Clark Kent hanya mengenakan kacamata saja pada saat menjadi seorang wartawan Daily Planet.

Pasti teman-teman Clark Kent setiap hari akan bertatap muka dengannya apalagi setiap orang di kota Metropolis pasti pernah melihat wajah Superman bahkan teman kerja Clark Kent. Tapi mengapa mereka tidak mengenalnya sama sekali padahal secara fisik tubuh Clark Kent dan Superman sama hanya dibedakan waktu jadi Clark Kent memakai baju setelan jas dan kacamata saja.

Bagi anda yang sudah nonton film Supermen / Man Of Stell pernah bertanya dalam hati tidak mengapa teman-teman dari Clark Kent tidak bisa mengenal dirinya adalah Superman.

Di sini admin akan menjelaskan bahwa saat menjadi Clark Kent, Clark Kent selalu memakai kacamata, fungsi kacamata menyarukan pandangan orang lain bahkan teman kerjanya  Kacamata terbuat dari Kryptonite yang membuat pandangan orang pada Clark Kent adalah orang lain yang bukan Superman. Istilahnya mereka dibutakan Prosopagnosia wajah.

Prosopagnosia adalah gangguan otak membuat batasan pandangan seorang untuk mengenal atau mengingat wajah seseorang.  Daerah lain persepsi visual tetap (kebanyakan) utuh. Orang dengan kebutaan wajah dapat membaca, mengemudi, dan bahkan menyadari bahwa apa yang mereka lihat adalah wajah. Mereka tidak cacat bahkan semua yang sosial: mereka mengandalkan suara, gaits, dan pakaian khas untuk mengidentifikasi orang. Tetapi kemampuan untuk mengenali seseorang dari wajah saja menguap. Dalam mencatat kasus pertama dari gangguan, Jean-Martin Charcot (dianggap oleh beberapa orang sebagai bapak neurologi modern) pada tahun 1883 dijelaskan pasien yang mengira bayangannya sendiri di cermin untuk orang asing dan meminta maaf untuk memblokir jalan. Sebuah tim ilmuwan menunjukkan seorang wanita dengan prosopagnosia gambar sendiri dan bertanya apa yang dilihatnya. Dia menjawab bahwa hal itu bisa menjadi salah satu tetangganya. Jadi untuk prosopagnosics, Clark Kent adalah bermacam-macam familiar jas, laku gugup, dan kacamata. Tidak heran tidak ada di Daily Planet dapat mencocokkan rasi ini dari petunjuk untuk Superman di jubahnya.

Keterangan tentang Superman mengapa tidak bisa dikenal sebagai Clark Kent terdapat #330. Teman-teman Clark Kent saling mengenal antar rekan kerja mereka kecuali Clark Kent yang mengaburkan pandangan mereka dengan kacamatanya selalu di pakai. Makanya bila Clark Kent mau pandang supernya dia selalu mengangkat kacamatanya sedikit biar tidak menghalangi pandangan supernya.

Demikianlah info dari Admin moga berguna.

No comments:

Post a Comment