Monday 4 January 2016

APA ITU FLASHDISK



WALSALAM

Siapa yang tidak mengenal Flashdisk. Terkoneksi dengan komputer lewat USB. Alatnya kecil hanya seukuran jari lebih. Dengan adanya Flashdisk banyak kerjaan terbantukan karena kita tidak usah repot harus membawa komputer kemana-mana (digotong ke mana-mana ribet dong) buat membuka file yang kita kerjakan di kantor sebelumnya. Cukup colok Flashdisk di media perangkat komputer tempat lain maka file yang kita simpan akan terbuka semua.

Flashdisk merupakan media penyimpanan data. Flashdisk pengganti media penyimpanan data yang lama seperti Disket Floppy Disk yang sudah mulai ditinggalkan. Walau Disket tidak berat bawanya bisa masukin di dalam tas atau di



kantung saku. Media Disket ini sekarang hampir susah dicari keberadaannya biarpun masih ada. Awalnya keluar Flashdisk masih kapasitas 256 MegaByte (MB), kecil ya. Ya memang waktu itu media penyimpanan data masih berupa tulisan yang makan kapasitasnya kecil. Sekarang sudah muncul dengan kapasitas 256 GigaByte (GB). Buat apa ya kalau di pikir sebesar itu kapasitasnya. Perkembangan data semakin besar kalau masih pakai kapasitas 8 GB rasanya sudah tidak cukup lagi untuk tahun ke depan.
 
Flashdisk kita bisa menyimpan berbagai macam file dalam satu Flashdisk saja. Tidak hanya file-file saja tersimpan di medianya. Bisa dicampur seperti file ketikan Anda, gambar kerjaan yang kerjanya design atau pencinta lagu bisa simpan lagu di dalamnya bahkan filmpun bisa masuk. Jadi enak banget sekarang seperti dimanjakan dengan teknologi. Buat laporan kantor cukup serahkan satu buah Flashdisk kepada pimpinan perusahaan, tidak harus membawa kertas yang menumpuk mengotorin ruang kerja pimpinan saja.

Dahulu Flashdisk memang kapasitasnya sangat kecil dengan dibandingkan sekarang untuk mencari 1Gb, 2GB jangan berharap bisa diketemukan lagi (adapun stok lama masih tersimpan). Bahkan kapasitas 4GB saja sudah mulai susah harus mutar-mutar ke tiap toko siapa tahu ada yang masih tersisa dari penjualan mereka. Keuntungan Flashdisk lama yang masih kapasitas 256MB atau 512MB, sepengetahuan Admin Kacamata ada beberapa merk tertentu memiliki kunci geser seperti On dan Off gitu. Bila kita geser ke posisi On maka kita bisa mengedit data, menambah dan mengurangin data dalam Flashdisk. Bila dalam posisi Off datanya tetap bisa kita lihat dan kita buka tapi tidak bisa kita edit datanya buat di simpan setelah edit ke dalam Flashdisk, apalagi kita mau menambah atau mengurangin file dalam Flashdisk. Tapi jangan takut kalau Flashdisk yang dalam kondisi posisi Off bisa mencopy data dari Flashdisk kita yang terkunci ke dalam komputer. Hanya mencopy tidak bisa dihapus. Keuntungan lain pakai model kunci geser saat komputer orang yang terkena virus jangan takut Flashdisk yang kondisi terkunci tidak akan terkena virus dari komputer kecuali posisi Flashdisk di On kuncinya. Kalau Flashdisk sekarang tidak ada lagi model kunci begitu. Jadi sangat rentan kena virus dari komputer orang lain pas kita hubungkan dengan Flashdisk kita.


Flashdisk sekarang sudah makin canggih saja. Bisa koneksi dengan Smartphone Android. Andai Anda mengisi lagu atau film bisa didengar atau ditonton lewat Smartphone Android. OTG Flashdisk namanya bisa dua fungsi untuk Smartphone Android dan komputer hanya satu Flashdisk saja. Kalau Flashdisk mau pasang di Smartphone Android pada tempat biasa kita ngecash Smartphone Android. Terbuka deh data yang kita mau lihat.

Model sekarang beraneka ragam, hanya sekedar menarik pembeli, itu sah-sah saja tidak ada yang larang. Ada yang modelnya lucu tapi fungsinya sama saja. Buat menyimpan data


Sekian tulisan dari Admin Kacamata. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Tulisan ini jauh dari sempurna, biar menambah ilmu bagi kita tentang Flashdisk biarpun cuma sedikit. Lain kali akan bahas tentang Flashdisk dengan tulisan hal yang berbeda. Terima kasih atas kunjungan Anda.

No comments:

Post a Comment