Tuesday 26 January 2016

PENCETAK HASIL PRINT



Printer merupakan alat mencetak yang mendapat perintah dari computer. Apa yang tertera di tampilan komputer akan di keluarkan di media kertas dengan hasil yang sama persis baik itu font nya besar kecilnya huruf begitu juga kalau mencetak gambar.

Model Printer ada beberapa macam sesuai kebutuhan Anda;

Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix fungsinya utamanya buat mencetak kuitansi penjualan, surat jalan, struk parker, kasir dan lainnya. Printer jenis ini menggunakan pita buat menghasilkan tulisan. Pada umumnya pita ini berwarna hitam tapi ada juga pita berwarna yang bisa digunakan pada printer tertentu saja. Printer ini tidak diutamakan buat mencetak gambar tapi kadang ada juga sebagian yang iseng mencetak gambar dengan printer model ini. Printer ini menggunakan jarum-jarum halus yang berfungsi menusuk-nusuk ke arah pita buat menghasilkan tulisan di kertas.


Printer DeskJet, Stylus dan InkJet
Ketiga model ini cara kerjanya sama. Printer model ini menggunakan media tinta buat menghasilkan tulisan atau gambar yang dikirim perintah melalui komputer. Biasanya tinta yang terpakai hanya emapat warna saja yaitu; hitam, merah, biru dan kuning. Buat menghasilkan warna hijau maka tinta akan mencampur sendiri warna biru dan kuning buat menghasilkan warna hijau demikian warna lain. Printer akan mencampurkan tinta yang diinginkan dari komputer. Tapi ada juga beberapa model menggunakan enam warna tinta. Bahkan ada sejenis printer Plotter yang bisa pakai tinta banyak. Admin lupa berapa banyak tinta yang dipasang, alat satu ini bisa mencetak kertas dengan ukuran A0.



Printer LaserJet
Printer satu ini menggunakan serbuk sebagai media buat menghasilkan tulisan atau gambar. Fungsinya hampir sama dengan mesin fotocopy harus kondisi panas dulu baru bisa digunakan. Dengan pemasanan tersebut maka serbuk yang ada bisa menempel pada media kertas. Biasanya serbuk ini hanya berwarna hitam saja tapi sekarang sudah ada empat warna dasar. Hanya printer jenis ini yang bisa digunakan para pencetak sablon baju contohnya dengan kertas kalkir.


Printer ATM
Hampir setiap transaksi yang Anda lakukan di ATM tercetak struk pemberitahuan berapa banyak uang yang Anda tarik, Anda transfer, saldo Anda sekarang. Tapi kelemahan dari hasil print ini tidak akan tahan lama bila kita simpan terlalu lama karena tulisan yang ada akan memudar dengan sendirinya dan menjadi kertas polos kembali. Mesin printer ini hanya menggunakan pemanas saja buat menghasilkan tulisan di kertas rol khusus.

Demikianlah tulisan admin Kacamata semoga berguna bagi Anda semua. Tulisan ini masih jauh dari sempurna, terima kasih atas kunjungan anda semua.




No comments:

Post a Comment