Sunday 31 January 2016

Pembangkit Listrik Tenaga Surya











Dengan meningkatnya biaya listrik sekarang semakin mahal. Kita harus pandai-pandai melakukan penghematan. Sehemat-hematnya kita lakukan tetap saja kita butuh listrik misalkan sebuah ruangan yang biasanya harus menggunakan tiga lampu mungkin harus menghidupkan dua lampu saja. Biasa pemakaian mesin ruang pendingin AC tidak di maksimalkan seperti biasanya. Tapi apakah itu bisa menjadi solusi buat kita semua, karena buat tahun-tahun berikutnya tentu biaya buat listrik akan naik lagi dan biasa dari tiga lampu jadi dua lampu terus karena biaya naik lagi jadi hanya menghidupkan satu lampu saja. Untuk perkantoran mungkin bisa menggunakan sinar Matahari agar bisa menembus ruang gelap dengan genteng dari kaca.

Memang listrik merupakan kebutuhan setiap orang. Dengan listrik orang bisa menikmati ruang yang tidak panas dengan menghidupkan AC atau setidaknya kipas angin. Restoran mereka harus mempunyai lemari pendingin Kulkas setidaknya lebih dari satu. Bagi perumahan paling tidak menghidupkan televisi semua itu membutuhkan namanya listrik. Tanpa listrik kegiatan manusia seakan hampa. Kegiatan tidak sehari-hari tidak akan bisa dilakukan, misalkan komputer tidak berfungsi lagi. Air tidak bisa mengalir diseluruh ruangan rumah atau kantor. Tidak mungkin kita memikul air dari penampungan air dari PAM kita angkat ke atas ke tempat penampungan biar bisa dipakai ke seluruh ruangan rumah atau kantor.

Bagaimana kita bisa berhemat kalau begini?
Mungkin Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa menjadi solusi buat Anda sekalian. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan tenaga sinar diubah menjadi tenaga listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan Photovoltaic dan secara tidak langsung dengan Pemusatan Energi Surya. Photovoltaic mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan Energi Surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.

Photovoltaic
Sel surya atau sel photovoltaic adalah alat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pembangkit listrik tenaga surya tipe photovoltaic adalah pembangkit listrik yang menggunakan perbedaan tegangan akibat efek fotoelektrik untuk menghasilkan listrik. Solar panel terdiri dari 3 lapisan, lapisan panel P di bagian atas, lapisan pembatas di tengah, dan lapisan panel N di bagian bawah. Efek fotoelektrik adalah di mana sinar matahari menyebabkan elektron di lapisan panel P terlepas, sehingga hal ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan panel N di bagian bawah dan perpindahan arus proton ini adalah arus listrik.

Pemusatan Energi Surya
Sistem pemusatan energi surya menggunakan lensa atau cermin dan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari dari luasan area tertentu ke satu titik. Panas yang terkonsentrasikan lalu digunakan sebagai sumber panas untuk pembangkitan listrik biasa yang memanfaatkan panas untuk menggerakkan generator. Sistem cermin parabola, lensa reflektor Fresnel, dan menara surya adalah teknologi yang paling banyak digunakan. Fluida kerja yang dipanaskan bisa digunakan untuk menggerakan generator (turbin uap konvensional hingga mesin Stirling) atau menjadi media penyimpan panas.

Lampu jalan tol sekarang sudah beralih dari listrik menjadi tenaga surya. Saat hujan seharian tidak mempengaruhi keberadaan tenaga simpanan baterai. Bagaimana dengan rumah-rumah yang masih menggunakan listrik yang selama ini kita pakai. Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini bisa di pasang di rumah juga. Tidak usah pakai cermin yang besar cukup yang standar saja sudah lebih dari cukup. Bila Anda merasa kurang buat keperluan yang lain barulah Anda bisa menambahkannya.

Sampai di sini tulisan admin Kacamata singkat ini semoga berguna. Walaupun tulisan ini tidaklah sempurna semoga bermanfaat bagi Anda semua. 


Sumber sebagian dari Wikipedia Indonesia (terima kasih)


No comments:

Post a Comment