Sunday 10 January 2016

JANTUNG KOMPUTER



Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah. Dari jantung aliran darah dipompa ke seluruh tubuh makhluk hidup. Semua mahkluk hidup yang bergerak pasti memiliki namanya jantung. Bila jantung berhenti berdetaknya maka makhluk hidup juga sudah meninggal. Begitu penting jantung bagi makhluk hidup.

Dijaman modern sekarang ini dari sekian banyak peralatan canggih ada alat eletronik yang membutuhkan sebuah jantung juga buat operasinya. Bila tidak ada alat ini sama saja sebongkah rongsokan yang tidak bisa terpakai. Apa nama peralatan yang membutuhkan jantung seperti makhluk hidup selayaknya makhluk hidup saja.
Komputer. Ya sebuah komputer juga membutuhkan sebuah jantung buat menghidupkan sebuah alat elektronik. Mengapa sebuah komputer membutuhkan sebuah jantung. Sedangkan komputer bukanlah makhluk hidup yang membutuhkan darah selayaknya makhluk hidup. Komputer bisa aktif karena ada aliran listrik yang mengalir keseluruh rangkaian pada papan sikuit eletronik. Ribuan jalur halus berfungsi menghantar aliran listrik ke komponen per komponen. Semua itu yang mengatur hanya sebuah jantungnya computer. Seperti halnya jantung makhluk hidup. Jantung komputer juga sama persis fungsinya dengan jantung makhluk hidup yang mengatur aliran darah ke nadi-nadi halus di seluruh tubuh.

Processor orang menyebutnya. Alatnya kecil serta sangat sensitif sekali. Model Processor baru sekarang kalau bisa waktu kita mau memasang processornya ke papan eletronik atau Motherboard atau Mainboard kalau bisa jangan terkena dengan jari tangan Anda pada titik kuning pada processornya. Karena jari tangan kita itu kotor bisa menghambat laju kenerja komputer yang akan Anda pakai. Terkadang sering juga Admin Kacamata melihat orang lain memegang processor seperti pegang uang saja tanpa memperhatikan resiko processor yang mereka pegang. Tapi semua itu kembali kepada Anda sendiri bila menganggap tidak masalah lanjutkan saja.




Beda lagi dengan processor model lama. Kalau dulu processor dirancang memakai jarum-jarum halus di bagian bawah processor yang di tancapkan pada motherboard computer. Jarum ini juga kadang rawan patah juga bila kita tidak membawanya dengan hati-hati sekali. Bila patah jarumnya satu saja sudah tidak ada fungsi lagi. Tapi ada yang bisa menyambungkan kembali kaki processor yang sudah patah cuma kendalanya timah yang dipakai buat menyambung kaki processor itu tidak tahan panas. Kalau sudah terpasang di motherboard usahakan jangan dicabut lagi processornya dari motherboard takutnya akan lepas timah soldernya.

Processor juga berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer. Semakin besar kapasitas GB nya sebuah processor semakin cepat kinerja dari sebuah komputer. Maka sekarang makin banyak orang memburu komputer yang bisa cepat agar bisa membantu kerja mereka.

Sampai di sinilah tulisan Admin Kacamata. Tulisan ini jauh dari kesempurnaan. Silakan komentarnya dan kritiknya atas tulisan ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda di sini. Semoga berkat berlimpah bagi Anda semua. Amin

No comments:

Post a Comment