Sunday 3 January 2016

CARA MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA GRATIS LENGKAP DENGAN GAMBAR



Blog adalah sebuah web yang siapa saja bisa memilikinya. Bila kita mempunyai blog ibaratkan kita memiliki rumah yang hanya kita sendiri yang mengatur dan menyusun blog kita sendiri. Buat apa blog kita miliki. Dari blog kita bisa memposting apapun ke dalam blog anda, bisa berbagi informasi yang berguna buat kita sendiri atau juga buat orang lain yang memerlukan info yang mereka perlukan. Apa keuntungan kita memiliki sebuah blog pribadi. Keuntunganya dari blog kita bisa mendapatkan uang dengan cara memasanga iklan yang sudah disetujui oleh pihak google adsense. Apa itu google adsense akan kacamata bahas lain waktu.

Nah kita di sini akan membahas bagaimana agar bisa memiliki sebuah web blog pribadi. Berapa harga untuk membuat sebuah web blog? Ternyata untuk sebuah web blog kita tidak dikenakan biaya apapun karena untuk sampai saat ini masih GRATIS. Tidak tahu nanti apakah membuat blog akan dikenakan biaya tapi untuk sampai saat admin kacamata menulis artikel ini masih gratis.

Membuat sebuah blog tidaklah sulit dan sangat gampang sekali, karena kita dibimbing cara pembuatannya. Waktu mendaftar ada yang berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Mari kita lanjutkan cara membuat blog saja, biar anda secepatnya bisa menikmatin memiliki blog sendiri.

Pertama: ketik blogger.com akan masuk seperti gambar di bawah, bila anda sudah memiliki akun gmail bisa langsung masukkan email dan password. Bila belum memiliki akun gmail anda bisa langsung klik Create an Account terlebih dahulu buat syarat memiliki sebuah blog.





Kedua: setelah kita klik daftar maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Isilah data lengkap yang diminta dan jangan ada yang kosong seperti contoh di bawah. Masukkan nomor ponsel anda yang valid karena nanti diminta verifikasi kecocokan nomor yang anda beri.





Ketiga: setelah itu kita kembali ke blogger.com lagi. Sekarang kita mulai login seperti gambar paling atas masukkan email dan password sesuai waktu anda daftar di gmail google tadi. Saat berhasil masuk ke blogger akan ditemukan menu Blog Baru dan klik langkah sesudah memasuki tahap pembuatan blog. Lihat gambar di bawah ini,





Keempat: muncul gambar di bawah ini. Isi judul blog dengan judul sesuai dengan konsep blog yang ingin anda buat. Terus masukkan alamat web blog. Alamat web blog ini yang menjadi acuan orang mencari kita seperti alamat rumah biar orang bisa menemukan blog kita. Kalau bisa cari nama yang mudah dan semenarik mungkin. Pilih template yang tersedia di dalam kolom tersebut dan klik Buat Blog!.

Catatan, di bagian alamat setelah kita memberi nama alamat yang sesuai dengan kita. Terus klik tanda centang (√), gunanya mengentahui apakah nama yang kita ketik sesuai dengan blog, bila tidak sesuai akan muncul tulisan “Alamat ini tidak tersedia”. Cari lagi nama yang sesuai dengan blog. Bila sudah sesuai akan muncul tulisan “Alamat ini tersedia”.





Kelima: selesai sudah web blog anda buat. Selamat anda sudah memiliki sebuah blog. Sekarang anda klik judul blog anda untuk mengakses dashboard secara terpisah.


 


Keenam: sebuah blog sudah ada sekarang cara menulis di blog atau artikel apa saja. Sekedar perkenalan di blog baru anda kepada orang yang dating berkunjung di blog pertama anda. Caranya klik tombol Entri baru seperti gambar di bawah.




Ketujuh: di dalam halaman kosong ini anda bisa mengetik apa saja sesuai keinginan. Ibaratkan saat kita mengetik di wall media social. Seperti itulah kita mengetiknya. Atau bila anda mau mengetik artikel yang panjang anda bisa mengetik dulu di Ms Word (seperti admin kacamata lakukan). Kalau sudah selesai dan sesuai dengan tulisan anda baru anda copy paste ke dalam halaman blog anda. Tulisan anda bisa di seluruh dunia buatlah artikel yang berguna bagi pengunjung. Kalau bisa tambahkan gambar biar tambah menarik orang yang mambaca. Seperti kacamata masukin gambar buat artikel “CARA MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA GRATIS LENGKAP DENGAN GAMBAR” ini. Dengan media gambar juga orang bisa lebih memahami bila pengunjung membutuhkan sesuatu dan tidak mengalami kesulitan. Buatlah artikel yang gampang di mengerti orang jangan di putar-putar artikelnya bisa membuat pengunjung akan malas membacanya. Dengan demikian mungkin esok hari pengunjung akan mencari nama blog kita kembali.
Catatan, cara memasukkan gambar dalam blog akan kacamata bahas lain waktu.


 

Kedelapan: kalau yakin tulisan sudah benar kliklah tombol Publikasikan. Publikasikan adalah mengepos apa yang kita selesai tulis agar bisa di lihat pengunjung seluruh dunia. Setelah itu akan terdapat halaman berikut ini. Bila anda mau melihat tulisan anda tadi hasil bagaimana kliklah Lihat blog.



Kesembilan: seperti gambar di bawah ini hasil blog anda buat, tidak sulit bukan bahkan sangat gampang sekali.




Dari admin kacamata sangat berterima kasih sudah mau berkunjung di sini. Adapun tulisan ini jauh dari sempurna tapi paling tidak bisa membantu sedikit banyak buat para pemula. Banyak hal yang belum di bahas dalam blog ini seperti tool dan opsi. Dari kacamata akan di bahas satu persatu tool dan opsi yang ada di dalam blog. Selamat mencoba dan selamat anda sudah punya blog baru.

No comments:

Post a Comment