Monday 4 January 2016

PENGENALAN HARD DISK



WALSALAM……!                             
Para pengguna komputer baik itu PC atau MAC pasti harus menggunakan Hard Disk buat operasi menjalankan system dalam komputernya. Komputer tanpa Hard Disk sama saja sebuah benda mati tanpa bisa digunakan apapun. Dengan bantuan Hard Disklah orang bisa menjalankan system. Di dalam system ini Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan seperti menyimpan file ketikan atau tulisan, gambar atau foto pribadi, musik dan video.

Ukuran Hard Disk bukan gram melainkan adalah byte. Waktu Admin Kacamata mengenal komputer Hard Disk yang terpasang di komputer hanya 10 Megabyte (MB). Hah tidak salah itu 10 MB buat isi apa itu cuma 10 MB ya. Waktu jaman Admin pakai memang belum ada computer bisa mendengarkan lagu, simpan foto apalagi namanya video. Mimpi kali ya kalau dilihat sekarang. Isinya cuma file kerjaan kantor saja, belum ada tiap rumah menggunakan komputer boro-boro apalagi harganya masih sangat tinggi waktu itu. File ketikan itu kecil sekali jadi cukuplah hanya 10 MB dengan system DOS waktu itu. Kita tidak bahas DOS di sini ya. File gambar atau foto cukup besar makan byte terus lagu luar biasa besar apalagi video lebih besar lagi dari lagu.
 
Dengan berkembangnya jaman sekarang Hard Disk sudah mencapai Yottabyte bukan Megabyte lagi. Sekarang tidak cukup lagi harus memakai kapasitas dengan Megabyte.

Hitungan Hard Disk Byte ke MegaByte terus GigaByte, Terabyte yang umum kita pakai sekarang sampai kapasitas Yottabyte. Hitungannya begini untuk sebuah Hard Disk
           1.000 Bytes          = 1 Megabytes (MB)
1.000 Megabytes = 1 Gigabytes (GB)
1.000 Gigabytes   = 1 Terabytes (TB)
1.000 Terabytes   = 1 Petabytes (PB)
1.000 Petabytes   = 1 Exabytes (EB)
1.000 Exabytes    = 1 Zettabytes (ZB)
1.000 Zettabytes = 1 Yottabytes (YB)


Sekarang ini ada Hard Disk yang sudah mencapai 1YB. 1 YB berapa kalinya 1 TB yang bias kita pakai sehari-hari sekarang. Komputer seperti apa yang dipakai buat bisa memakai Hard Disk dengan kapasitas 1 YB. Hanya pihak NASA sudah memakai Hard Disk dengan kapasitas sebesar itu. Karena NASA harus menyimpang file video setiap harinya jadi kalau memakai Hard Disk tanggung sebentar saja sudah habis kapasitasnya. Jadi wajar mereka menggunakan 1 YB.

Hard Disk rentang rusak bila jatuh dan terpentok keras sehingga menggeserkan jarum media di dalam Hard Disk. Kalau sudah begitu kecil sekali bila Anda mau mengambil data yang tersimpan di dalamnya.
Kondisi kedua seringnya putusnya aliran listrik saat computer lagi dipakai, karena jarum di dalam Hard Disk lagi bekerja bila tiba-tiba aliran listrik mati akan membuat luka piring disk. Inipun agak sulit kalau mau ambil data tersimpan di dalam.
Terbakarnya media eletroniknya. Kalau merk tertentu mungkin masih bisa diganti media eletroniknya tapi ada sebagian Hard Disk tidak bisa diganti media eletroniknya apalagi mau ambil datanya.

Sekalian dahulu dari Admin mengenal Hard Disk. Semoga pengenalan akan Hard Disk bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Masih jauh dari sempurna tulisan ini. Paling tidak tambah wawasan saja tentang Hard Disk. Terima kasih atas kunjungan Anda di blog saya yang sederhana ini. Kunjunglah blog saya lain waktu akan membahas hal yang lain.

No comments:

Post a Comment