Tuesday 16 February 2016

CARA MEMBUAT RANGKAIAN LAMPU OTOMATIS SAAT LISTRIK PADAM





Saat paling kesal adalah matinya aliran listrik. Dengan kondisi mati aliran listrik pasti suasana ruangan jadi gelap, dengan kegelapan pasti kita tidak bisa bergerak apapun karena pandangan mata kita jadi gelap.

Waktu sekolah tingkat atas paling akhir, pernahlah admin KACAMATA setiap pulang sekolah sekitar jam 1 siang sampai rumah. Selesai makan admin bantu toko servis elektronik yang tidak begitu jauh dari rumah admin. Dari toko servis elektronik ini admin belajar memperbaiki seperti radio tape televisi. Waktu itu admin ada lihat ada baterai aki bekas mobil yang tidak terpakai lagi di gudang. Tapi kalau buat mobil pasti tidak bisa lagi karena sudah rada lemah. Singkat cerita baterai aki itu admin minta deh dan dikasih oleh boss admin.

Di otak admin sudah ada rencana mau buat lampu otomatis apabila listrik padam dari PLN ruangan rumah admin tidak gelap-gelap banget. Dengan rangkaian adaptop buatan admin sendiri dan ditambah relay buat semacam buat otomatisnya. Lampu motor 2 buah yang admin pasang di ruangan keluarga dan dapur. Tiap lampu dipasangkan switch on/off. Jadi bila di dapur tidak perlu tinggal dimatikan saja.

Dengan bantuan dari boss admin waktu itu maka terciptalah otomatis lampu di rumah admin waktu itu. Maklum saja kehidupan admin waktu itu pas dengan kehidupan sehari-hari. Tapi sekarang sudah gampang tinggal beli saja tidak usah merakit rangkaian lampu otomatis. Tapi paling tidak Anda tahu secara system kerjanya.

Peralatan yang dibutuhkan
Baterai Aki 12V yang masih bisa dipakai
Trafo Engkel 1A
Dioda 5 buah yang 1A
Relay 12V 1A
Lampu 12V

Saat listrik AC (arus bolak balik 220V) melewatin TRAFO 1 A yang diubah menjadi 12V AC juga. Setelah melewatin barisan DIODA sebanyak 4 buah (Dioda 1-4) aliran arus menjadi DC (arus searah) menuju ke arah RELAY dan kaki relay titik A (kita namakan). Titik S (switch di dalam relay) akan menempel pada A selama listrik menyala. Mengapa S dan A menempel karena relay akan menjadi magnit saat ada aliran yang masuk pada gulungan relay. Selama S dan A menempel sekalian mengecash baterai aki. Mengapa admin pasang sebuah DIODA 5 di antara kaki R+ dan A, karena apabila listrik padam otomatis baterai akan menggantikan posisi listrik yang padam. Bila tidak pasang diode di antara R+ dan A maka arus baterai akan masuk ke relay maka gulungan relay akan tetap jadi magnit dan lampu kita mau jadikan otomatis tidak akan berfungsi. Kalau dipasang dengan D 5 (dioda arusnya searah) kita blok agar arus baterai tidak masuk ke relay dan tombol S akan jadi ke tombol B terus mengalir ke arah lampu. Arus baterai akan menyalakan lampu yang kita pasangkan dalam ruang penting. Sedang pada R- dengan baterai tanda minus merupakan arus negatif DC.

Demikianlah ulasan dari admin KACAMATA semoga berkenan ulasan satu ini, terima kasih atas kunjungan Anda semua.

No comments:

Post a Comment