Wednesday 17 February 2016

JACK 4 RUAS BUAT DENGAR LAGU STEREO PLUS MIC di ANDROID



Setiap Anda membeli ponsel Android baru pasti paling tidak Anda mendapatkan salah satu bonus earphone buat mendengarkan lagu ada juga yang ada fasilitas radio di ponselnya juga bisa menonton tv dan video tanpa terganggu suara dari lingkungan kita yang mungkin saja berisik, atau juga orang lain tidak mau mendengar apa yang Anda dengarkan ke telinga mereka.

Selain ulasan pembuka tadi ada satu fasilitas yaitu kita bisa bertelepon tanpa harus memegang ponsel Android kita langsung yang harus ditempelkan di telinga Anda. Apalagi harus berlama-lamaan teleponnya bisa panas tuh telinga. Dengan kabel earphone suara yang bicara bisa kita dengar selayaknya Anda mendengarkan lagu dan buat bicaranya Anda harus menggunakan namanya mic. Kalau tanpa mic Anda bisa mengeluarkan suara tapi tidak bisa didengar oleh lawan bicara Anda lewat ponsel.

Admin tidak bahas jack yang mono, di sini bahas yang stereo. Stereo suara yang Anda dengar dengan dua suara yang berbeda seperti di karaoke itu ada suara kanan dan suara kiri. Biasanya suara kiri hanya musiknya diselingin suara penyanyinya sedangkan sebelah kanan suara penyanyinya dengan suara musik lebih kecil. Jacknya stereo seperti gambar di bawah ini tanpa ada mic di kabelnya.


Lain lagi dengan jack stereo plus mic lihat perbedaan antara gambar di atas dan gambar di bawah ini model ruas jacknya ada 4 sedangkan stereo biasa hanya ada 3 ruas saja. Bedanya pada ruas paling belakang itu fungsinya buat pasang kabel jalur micnya.
Paling sering kabel earphone putus dalam jadi Anda tidak akan bisa mendengar lagu atau juga telepon dengan kabel earphone Anda. Biasanya putusnya kabel earphone ini paling sering pada pangkal jack yang tersolder paten dari pihak pabriknya. Karena sering ketekuk pada pangkal jacknya. Kalau mau beli baru harganya lumayan juga, sedang kalau beli harga yang murah-murah sakit telinga karena suaranya jelek. Belum lagi kalau beli baru tidak sesuai dengan telinga Anda yang sudah terbiasa dengan suara earphone yang rusak. Paling pas itu mengganti jack 4 ruas tapi kendalanya jack tersebut tidak ada yang jual di toko-toko yang jual accessories elektronik, yang ada cuma 3 ruas. Kalau 3 ruas Anda hanya bisa mendengarkan musik saja tapi giliran ada telepon masuk Anda harus mencabut jacknya terlebih dulu baru bisa telepon.

Tapi admin KACAMATA ada ketemu orang yang jual online jack 4 ruas di buka*…pak dengan nama Rich Sell setelah di solder earphone bisa terpakai lagi yang lama tidak mengganggu suara yang biasa admin dengar dengan earphone sebelum putus kabelnya. Barangnya seperti gambar di atas. Kualitasnya bagus tidak mengecewakan.

Sampai jumpa di lain bidang dan kesempatan. Terima kasih atas kunjungan Anda sekalian, semoga menambah pengetahuan Anda semua.
Gambar di bawah ini posisi soldernya pada bagian belakang.

No comments:

Post a Comment