Tuesday 2 February 2016

PERPANJANG UMUR BATERAI AKI



Baterai aki ada dua jenis;
·       Baterai aki basah: baterai aki ini baru bisa dipakai setelah diisi cairan yang dimasukkan ke dalam baterai aki. Bahan aki ini bisa di lihat tembus pandang guna mengetahui kondisi cairan air di dalam baterai aki apakah masih cukup atau berkurang. Kita bisa mengetahui kondisi carian air di dalamnya berkurang tidak dari pihak pabriknya sudah di kasih pembatas air akinya jadi itu jadi patokan cairan airnya. Bila kondisinya sudah agak lemah masih bisa dicoba diperbaiki dengan mengganti cairan airnya dan di cash ulang dengan adaptor listrik.


 ·       Baterai aki kering: baterai aki jenis satu ini tidak bisa dilihat tembus pandang. Padat pastinya. Bagi yang rada sibuk tidak bisa merawat baterai aki bisa gunakan baterai aki ini karena Anda tidak usah mengurus apakah airnya cukup apa tidak. Bila kondisinya lemah tidak bisa untuk diperbaiki lagi dan harus diganti saja.


Baterai aki fungsinya sangat banyak sekali. Bisa sebagai pengganti tenaga listrik saat pemadaman listrik. Dengan rangkaian tertentu rumah Anda akan tetap terang dengan adanya lampu dengan tenaga baterai. Baterai aki juga berfungsi buat menghidupkan mesin seperti mobil, motor, genset dan lainnya. Pemakai Komputer bila tidak mau saat Anda kerja tiba-tiba listrik padam dan apa yang saat Anda kerjakan akan hilang kalau tidak sempat disimpan, dengan menggunakan alat bernama UPS paling tidak Anda berkesempatan menyimpan kerjaan Anda yang diberi waktu sekitar 10 menit. Karena di dalam UPS tersebut terdapat baterai aki.


Buat kendaraan mobil sekarang tidak ada lagi engkol buat menghidupkan mobil seperti mobil model dulu. Bila baterai akinya sudah lemah bisa di engkol di bagian depan tapi sekarang model engkol sudah tidak ada lagi disediakan oleh pihak pembuat mobil. Jadi bila baterai akinya lemah mobil Anda tidak bisa dihidupkan. Mau tidak mau Anda harus mengganti Aki dahulu baru mobil Anda bisa di hidupkan kembali. Repotnya sampai sekarang mobil tidak ada dilengkapin alat buat mengetahui apakah kondisi baterai aki mobil masih layak pakai tidak. Andai ada alat pengukur kelayakan tidak Aki yang kita pakai sekarang bisa menjadi kewaspadaan Anda bila suatu saat pas lagi buru ternyata mobil Anda tidak bisa di Starter repotkan jadinya. Waktu Anda pasti terbuang sangat banyak. Kadang bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua mereka sudah tahu kalau baterai akinya sudah lemah. Memang masih bisa diakalin dengan engkol tidak usah memakai starter. Tapi kalau kondisi baterai aki lemah bisa membuat lampu utama di depan bisa putus karena terlalu panas bila tidak ada aliran baterai aki.

Baterai aki / accu berapa tahun umurnya pada umumnya. Ada yang cuma setahun atau dua tahun saja itupun dirawat tapi bila memasuki tahun ketiga sudah termasuk bonus buat Anda ya. Seperti admin KACAMATA sudah masuk tiga tahun lebih sekarang. Kondisinya masih sangat baik, buat starter masih bisa apalagi buat klakson dan lampu sein kiri kanan lancar masih.

Selama ini admin KACAMATA merawatnya tidak usah terlalu berlebihan ya. Asal kita cek air aki sudah agak berkurang maka admin biasanya menambah air pada baterai aki. Biasanya bila kita menambah air aki yang berkurang pasti pakai air aki yang dijual pada bengkel-bengkel bermotor kan. Memang benar tidak salah. Cuma admin tidak mengetahui air aki yang dijual di bengkel-bengkel itu berasal dari air apa buatnya. Karena admin buka ahli kimia jadi admin tidak berani memberi tanggapan. Selama ini admin hanya menggunakan air minum kemasan saja buat menambah air aki yang berkurang, dengan catatan waktu mengisinya harus kondisi motor dingin benar contoh pagi hari. Setelah diisi motor harus dihidupkan biar baterai akinya beraksi dengan cairan air yang admin masukkan. Nah air kemasan apakah yang admin pakai selama ini. Admin KACAMATA selama ini menggunakan kemasan air minum merek AQUA. Nah yang jad kendala kadang kita tahu sendirikan kalau kemasan air minum suka dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi waktu Anda membeli kemasan air minum ini di tempat yang sudah pasti aman.

Semoga baterai aki Anda bisa panjang umurnya sampai lima tahun, berita ini admin dapatkan dari teman admin yang sudah melakukannya terlebih dahulu dan waktu itu admin curhat kalau baterai aki cepat benar sudah harus ganti lagi. Maka teman admin menganjurkan pakai kemasan air minum saja. Syukurlah sudah lewat tahun ketiga masih tokcer.

Moga artikel ini berguna ya. Maaf kata bila ada kesalahan penulisan masih belajar. Admin KACAMATA mohon pamit dan kita akan berjumpa dilain kesempatan.

No comments:

Post a Comment